My Blog My Real

Sebuah Catatan Perjalanan Mengejar Mimpi

Upaya Menciptakan Bangsa yang Sehat, Bangsa yang Cerdas

Leave a comment

PENGALIHAN PEMANFAATAN TEMBAKAU SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI MENCIPTAKAN BANGSA YANG SEHAT DAN CERDAS

Bagaimana suatu bangsa mampu menjadi bangsa yang sehat, jika penduduk di dalamnya ialah orang-orang yang sakit. Dan bagaimana suatu bangsa mampu melahirkan putra-putri bangsa yang cerdas, jika yang melingkupinya ialah orang-orang yang tidak sehat.

Dan rokok menjadi salah-satu jawaban akan pertanyaan ini….

Rokok PEMBUNUH NOMOR SATU di dunia, bagi yang merokok maupun bagi orang-orang yang ada disekitar perokok atau disebut sebagai perokok pasif. Data menunjukkan bahwa tidak sedikit KEMATIAN yang disebabkan ROKOK..

Beberapa fakta yang membuktikan bahwa merokok tidak hanya menyebabkan penyakit, tetapi bahkan dapat menyebabkan kematian.

  • Berdasarkan data statistik, jenis penyakit serta jumlah kematian akibat rokok selama tahun 1990 di Amerika Serikat (dibulatkan dalam ribuan orang) adalah sebagai berikut: Kanker paru-paru 120.000, Penyakit paru-paru kronis 65.000, Penyakit jantung koroner 99.000,Penyakit lainnya 80.000, Kanker 31.000, Stroke 23.000 orang.
  • Perokok pasif diketahui bahwa di Amerika Serikat ada sekitar 70.000 wanita meninggal setiap tahun akibat menjadi perokok pasif. Penyakit yang diderita umumnya berbagai macam kanker akibat asap rokok. Dari jumlah itu, 30.000 orang di antaranya mengidap kanker paru-paru. Data lainnya menyatakan, setiap tahun ada sekitar 250.000 anak usia kurang dari 18 bulan di Amerika Serikat menderita penyakit paru-paru yang juga akibat menjadi perokok pasif.

Di Indonesia sendiri..

  • Berdasarkan hasil survei Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007, sebanyak 1.127 orang meninggal setiap hari akibat rokok.
  • Jumlah kematian akibat rokok di Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia setelah China dan India. Dari 1127 orang yang meninggal itu, 67 persennya merupakan laki-laki,” kata Yayi Suryo Prabandari, peneliti Pusat Kajian Bioetik dan Perilaku Kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam acara focus grup discussion.
  • Begitupun juga pada perokok pasif, sekitar 65,6 juta wanita dan 43 juta anak-anak di Indonesia terpapar asap rokok atau dikatakan mereka menjadi perokok pasif. Mereka pun rentan terkena berbagai penyakit, seperti bronkitis, paru-paru, kanker usus, kanker hati, stroke, dan berbagai penyakit akibat asap rokok. Ini baru beberapa data saja yang dapat ditampilkan.

Ini FAKTA dengan data, bukan sekedar reka-reka….

Maka dengan tegas kita katakan TIDAK pada ROKOK….

Untuk itu kita ancungi jempol pada teman-teman yang dengan sukarela menjadi bagian dari orang-orang yang mengkampanyekan ANTI ROKOK.. Tak hanya sekedar mampu berkata “iya merokok itu tidak baik, musnahkan rokok”. Namun ada bentuk tindak nyata dalam upaya mengkampanyekan ANTI ROKOK.

Lalu… jika pada akhirnya konsumsi rokok berkurang yang diikuti dengan berkurangnya pula produksi rokok. Serta menjadi impian kita kelak rokok menghilang seutuhnya dari permukaan bumi.

Maka…bagaimana dengan nasib tembakau yang menjadi bahan baku dari pembuatan “BATANGAN PEMBUNUH” ini. Akankah berakhir pula nasib tanaman ini ???

Tanaman yang sesungguhnya memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan.

Maka disinilah letak permasalahan sekaligus alternatif penyelesaiannya.

Tembakau merupakan pencegah kanker mulut rahim. Sedangkan kita ketahui bahwa kanker mulut rahim atau kanker serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi bagi kaum wanita.

FAKTA menunjukkan bahwa setiap SATU JAM, satu wanita MENINGGAL di Indonesia karena kanker serviks atau kanker leher rahim ini. Bahkan Karena menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan penderita kanker mulut rahim NO.1 di dunia.

Tanaman tembakau dapat segera memperbaiki citra di mata para ahli kesehatan masyarakat kata para ilmuwan. Dengan bantuan tembakau, obat HIV itu dapat diproduksi dalam jumlah besar dan murah. “Ini berita yang sangat penting,” kata Polly Harrison, Direktur Aliansi Pengembangan Obat Mikrobiologi. Sebuah kabar baik bukan untuk kita teman-teman ?

Sang Pejuang Kesehatan Masyarakat.

Dan ini semua hanya beberapa saja diantara manfaat lainnya dari tanaman tembakau.

Maka menjadi sebuah keinginan besar dari diri pribadi untuk tidak hanya sekedar berkata TIDAK pada ROKOK, namun juga menawarkan sebuah alternatif solusi penuntasan dari sisi yang lain akan permasalahn ROKOK.

Dengan pengalihan pemanfaatan tanaman tembakau dari sebelumnya digunakan sebagai bahan utama pembuatan rokok menjadi bahan utama pembuatan berbagai obat.

Apakah ini hal yang mudah???

Tentu TIDAK, namun juga bukan juga hal yang tidak mungkin.

Sekali lagi butuh sebuah kerja sama yang luar biasa dari berbagai pihak disini, termasuk peran besar dari pemerintah.

Besar harapan suatu saat dapat meneruskan hal ini lebih dari sekedar kata dan wacana. Bekerja sama dengan berbagai bidang limu, karena keterbatasan dari diri mengenai berbagai bentuk pemanfaatan lain dari tanaman tembakau, dan tinjauannya dari disiplin ilmu yang lain.

Menggali dan mengkaji solusi dari sisi keilmuan ekonomi, pertanian, kedokteran, dan tentunya ilmu kesehatan masyarakat, serta berbagai sisi ilmu lain.

Dalam upaya tidak sekedar bertujuan untuk menghapuskan ROKOK dari bumi Indonesia, akan tetapi dalam tujuan besar menciptakan…..

BANGSA yang SEHAT, BANGSA yang CERDAS.

Author: my BlOg my Real

I'm a bird, I'm a flower, I'm a stone but the real, I'm a human slave of Allah, Inoy Trisnaini, itu namaku. Sudah terlalu banyak komentar tentang nama ini, ada yang mengatakan aneh,unik,lucu,bagus bahkan ada pula yang mengatakan jelek so what ?? it's my name. Mak, aku ialah hamba Allah dengan segala kekurangan dan kelebihanku. aku hanya seorang manusia biasa yang tengah berjuang untuk menjadi bukan manusia biasa, just do the best that I can do.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s